HAVING FUN DI KARIMUNJAWA KEGIATAN FAVORIT PARA WISATAWAN

Ditulis oleh: -

Snorkeling, berenang, menyelam, islands hopping, menyusuri pantai, sunbathing, hiking/trekking, BBQ, camping, photo hunting, atau menikmati sunset yang indah akan membuat hari-hari Anda di Karimunjawa menyenangkan.

Snorkeling
Kecantikan aneka biota laut yang hidup di dalam perairannya adalah salah satu alasan utama untuk berkunjung ke Karimunjawa. Lebih dari 69 marga karang keras dan tak kurang dari 353 spesies ikan karang tinggal di perairan laut tropis ini. Kemasi snorkel gear dalam ransel dan Anda pun siap untuk snorkelingmenikmati terumbu karang beraneka bentuk dan warna serta ikan-ikan karang cantik. Pulau Tengah, Pulau Cemara Besar, Pulau-Menjangan-Kecil, dan Pulau-Cilik memiliki spot-spot snorkeling yang banyak dikunjungi. Bahkan besar kemungkinan Anda akan bertemu dengan ikan-ikan badut lucu yang meroket namanya setelah menjadi tokoh utama dalam film animasi Finding Nemo. Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki snorkel gear, karena sebagian besar hotel dan homestay juga menyewakannya dengan harga yang cukup murah. Jika ikut dalam paket tour, biaya sewa snorkel gear biasanya sudah termasuk dalam harga paket yang Anda bayar.


Berenang
Jernihnya air laut adalah hal yang pertama kali menarik perhatian ketika tiba di Kepulauan Karimunjawa. Puluhan ikan cantik yang berenang di dalamnya seolah mengundang untuk segera terjun dan berenang bersama mereka. Sebagian besar pulau, misalnya Pulau Cemara Besar, dikelilingi oleh perairan laut dangkal berarus tenang dengan dasar pasir putih yang lembut, cocok bagi Anda yang sedang belajar berenang. Sementara Pulau Menjangan Besarmemberikan tantangan tersendiri dengan menawarkan kesempatan berenang bersama ikan hiu.


Menyelam
Beragamnya biota laut yang hidup di perairan Karimunjawa memang selalu mengundang decak kagum yang tak ada habisnya. Bila Anda ingin lebih lama bercengkerama dengan mereka, menyelam adalah pilihan yang paling tepat. Tertarik dengan wreck diving? Di dasar perairan dekat Pulau Kemujan, terbaring bangkai kapal Panama Indono yang tenggelam pada tahun 1955. Bangkai kapal ini sekarang menjadi tempat hidup bagi beberapa terumbu karang dan ikan-ikan karangnya. Bila beruntung, Anda bahkan bisa melihat 2 satwa langka yang masih dapat ditemui di Karimunjawa, penyu sisik dan penyu hijau.


Islands Hopping
Pulau-pulau kecil nan cantik yang sebagian besar tak berpenghuni begitu menggoda untuk dijelajahi. Menyewa perahu nelayan menjadi cara paling efektif untuk mengunjungi pulau-pulau eksotik ini.



Menyusuri Pantai
Pulau-pulau eksotik di Karimunjawa secara ajaib dibingkai oleh pantai-pantai indah berpasir putih lembut yang luar biasa mempesona. Berjalan menyusuri garis pantai yang memanjang, bahkan hingga mengelilingi pulau, seraya menikmati belaian air laut yang segar di kaki serta indahnya hamparan laut biru yang membentang akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.


Sunbathing
Apa yang paling menyenangkan untuk dilakukan di pantai indah berpasir putih dengan cuaca cerah dan matahari daerah tropis yang bersinar hangat?Sunbathing! Jangan lupa untuk mengoleskan sunblock sebelumnya, untuk melindungi kulit dari sinar ultra-violet. Kacamata dan topi juga merupakan perlengkapan yang sebaiknya dibawa.


Hiking / trekking
Selain bertaburan dengan pulau eksotik dan pantai menawan, Karimunjawa juga dihiasi oleh barisan perbukitan dengan Gunung Gajah sebagai puncak tertingginya (506 mdpl). Barisan perbukitan ini adalah hutan hujan tropis dataran rendah yang menawarkan jalur trekking/hiking yang cukup menantang. Tempat ini juga merupakan spot yang tepat untuk menanti saat-saat terbitnya matahari dari puncak bukit atau mengintip berbagai hewan seperti rusa, burung, dan monyet ekor panjang.

Barbecuing
Tidak ada yang lebih nikmat dibandingkan makan ikan bakar di tepi pantai. Memancing ikan kemudian membakarnya di tepi pantai memberikan kepuasan tersendiri ketika menyantapnya. Tidak mahir memancing? Jangan khawatir, Anda bisa membeli ikan dari para nelayan :) Namun sebelum meninggalkan tempat BBQ, alangkah baiknya untuk mengecek dan memastikan api telah benar-benar padam.


Bersepeda keliling pulau
Tak hanya kecantikan laut dan biotanya saja yang mempesona di Karimunjawa. Kehidupan masyarakat khas warga desa nelayan yang sederhana dan bersahaja juga akan menyambut setiap orang dengan ramah. Dengan menyewa sepeda, Anda bisa berkeliling pulau untuk melihat dari lebih dekat kecantikan alam dan juga keunikan budaya Karimunjawa.


Camping
Camping menjadi alternatif untuk merasakan suasana lebih dekat dengan alam. Pilihan ini juga lebih ekonomis bagi para budget traveler. Kawasan perkemahan di hutan hujan tropis perbukitan Pulau Karimunjawa, Pulau Menjangan Kecil, dan juga pulau-pulau kecil lainnya memiliki spot-spot untuk mendirikan tenda. Namun yang perlu diingat adalah, sebagian besar pulau tidak berpenghuni sehingga tidak ada fasilitas pendukung sama sekali.


Menikmati sunset
Mengakhiri hari panjang yang cerah dengan duduk di pantai menikmati saat-saat pergantian sore menjadi senja, kala semburat jingga mulai mewarnai langit biru dengan sinar cahayanya sebelum bersembunyi di balik cakrawala, akan membuat hari Anda terasa semakin sempurna. Tak hanya pantai, dermaga mainland Pulau Karimunjawa juga menyajikan keindahan sunset yang tak kalah luar biasa.


Photo Hunting
Karimunjawa juga merupakan tempat yang tepat bagi para penggemar fotografi.Landscape menawan, pantai-pantai eksotik, sunset indah, biota laut cantik, dan masyarakat yang bersahaja sangat sayang untuk tidak diabadikan dalam lensa kamera. Jangan lupa membawa underwater camera untuk mengabadikan kecantikan biota laut Karimunjawa.


gambar gambar  lainnya



























0 komentar "HAVING FUN DI KARIMUNJAWA KEGIATAN FAVORIT PARA WISATAWAN", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar