Taman Nasional Kepulauan Karimunjawa Pulau Cemara Besar - Surga yang Hilang dengan Hutan Terlarang

Ditulis oleh: -

Pulau Cemara Besar adalah surga yang nyaris hilang dan terlupakan. Air laut jernih, terumbu karang indah, ikan buntal lucu, pantai berpasir putih dan hutan cemara yang seolah menggoda kita untuk menjelajahinya menjadi pesona yang sulit diabaikan.

Seindah surga. Itulah kesan pertama ketika perahu kecil kami mulai mendekati Pulau Cemara Besar. Langit biru yang cerah, perahu-perahu nelayan yang sesekali berpapasan, serta jernihnya air laut dengan gradasi warna ungu dan biru muda tak henti mengundang decak kagum. Pulau kecil yang dibingkai pantai berpasir putih dengan latar belakang hutan cemara begitu kontras dengan warna biru laut di sekelilingnya.

Mendadak perahu berhenti. Tunggu dulu, daratan kan masih jauh di depan sana? Ternyata lepas pantai ini adalah lokasi snorkeling kami. Bagian laut berwarna biru muda tak begitu dalam sehingga cocok sebagai tempat untuk sekedar main air atau belajar berenang. Dasarnya berupa pasir putih yang lembut, terlihat jelas dari atas perahu. Beberapa kelompok ikan kecil sesekali melintas.

Berenang ke perbatasan perairan yang berwarna keunguan, tanda kedalaman semakin bertambah, keindahan terumbu karang berbagai bentuk dan warna mulai menyapa. Indonesia adalah negara dengan total luas terumbu karang sekitar 51.000 km persegi atau 18% dari seluruh terumbu karang di dunia (The Nature Conservancy). Mulai dari table coral yang sekilas mirip jamur raksasa,brain coral, staghorn coral yang mulai terancam punah, hingga terumbu karang kecil berwarna-warni mirip buah berry dengan alga hijau di sekelilingnya membuat dasar laut terlihat begitu indah.

Di tengah taman terumbu karang ini, kerapu kuning berbintik hitam, gerombolan ikan kecil cantik berwarna hitam dan hijau kebiruan, serta berbagai jenis ikan lainnya terlihat berenang ke sana kemari. keasyik tersendiri mengagumi keindahan taman laut luar biasa ini.

Daratan Pulau Cemara Besar tidak kalah cantik dengan keindahan surga bawah lautnya. Perairan dangkal tidak memungkinkan perahu untuk merapat sehingga satu-satunya cara adalah berjalan kaki untuk mencapai pantai. Pasir putih yang sangat lembut terhampar di sepanjang garis pantainya. Pulau kecil seluas 3,5 hektar ini tidak berpenghuni dan hanya berisi hutan cemara. Kicau merdu burung seolah memanggil untuk menjelajahi hutan perawan ini. Namun sayang, guide lokal tidak mengijinkan dan hanya memperbolehkan wisatawan untuk berjalan mengelilingi pulau menyusuri garis pantainya. Meski penasaran, kami cukup puas menikmati keindahan pantai yang sebagian besar merupakan padang lamun tempat berkembangbiaknya udang dan ikan. Gosongan pasir putih yang menjorok ke laut menjadi tempat yang tepat untuk sunbathing dan menikmati keheningan alam yang begitu menenangkan


Semoga atikel ini bisa memberikan informasi dan referensi untuk anda yang ingin berlibur di Taman Nasional Kepuauan Karimunjawa






========================================================================
karimunjawa, karimunjawa islands, karimunjawa national park, karimun jawa hotel, karimunjawa indonesia, karimunjawa resort, karimunjawa tour, karimunjawa inn, karimunjawa diving, karimunjawa accommodation, kura kura resort karimunjawa, paket wisata karimunjawa, wisata karimunjawa, pulau karimunjawa, harga paket wisata karimunjawa, karimunjawa hotel, hotel di karimunjawa, paket tour karimunjawa, karimunjawa 2014, karimunjawa snorkeling, karimunjawa island, karimunjawa jepara, karimunjawa beach, karimunjawa island 2013, karimun jawa, karimunjawa tanah dijual, karimunjawa paket, karimunjawa map, karimunjawa tour murah 2013, karimunjawa paradise villa, karimun jawa murah, karimunjawa bungalow, karimunjawa tour paket 3 hari 2 malam, karimun jawa trip, karimun jawa backpacker, karimun jawa wisata, karimun jawa peta, karimun jawa dari semarang, karimun jawa dari semarang 9 mei 2013, kepulauan karimunjawa, kepulauan karimunjawa terletak di provinsi, kepulauan karimunjawa terdapat di, kepulauan karimunjawa termasuk propinsi, kepulauan karimunjawa termasuk wilayah provinsi, kepulauan karimunjawa jepara, kepulauan karimunjawa genting island, kepulauan karimunjawa nyamuk, kepulauan karimunjawa karimun, kepulauan karimunjawa kembar, kepulauan karimunjawa islands, kepulauan wisata karimunjawa, kepulauan karimunjawa tour, kepulauan pulau karimunjawa, kepulauan karimunjawa hotel, kepulauan kura kura resort, kepulauan paket wisata, kepulauan hotel di karimunjawa, kepulauan paket tour karimunjawa, kepulauan karimunjawa indonesia, wisata karimunjawa ala backpacker, wisata karimunjawa dari jepara, wisata karimunjawa 2014, wisata karimunjawa dari jakarta, wisata karimunjawa jepara, wisata karimunjawa dari semarang, wisata karimunjawa backpacker, wisata karimunjawa tanpa paket, wisata karimunjawa dari bandung, paket wisata karimunjawa 2013, obyek wisata karimunjawa, wisata karimunjawa 2013, paket wisata karimunjawa kura kura resort, wisma wisata karimunjawa, peta wisata karimunjawa, tempat wisata karimunjawa,

1 komentar :

  1. This island is one of the 505 uninhabited islands in the Nagasaki area is Administratsi Japan, about 15 kilometers from Nagasaki.
    togel sgp

    BalasHapus