Lontong Krubyuk Kuliner Khas Karimunjawa

Ditulis oleh: -

Jika air laut pasang, pembeli yang hendak membeli lontong di warung Asfiah harus ngrubyuk

Kepulaun Karimunjawa sebagai destinasi andalan pariwisata Jawa Tengah tidak hanya sekedar menyuguhkan pesona keindahan wisata alam. Tetapi juga mampu menggaet wisatawan lewat wisata kuliner. Seperti beragam olahan masakan berbahan dasar hasil laut.

Selain makanan hasil laut, kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara pun memiliki makanan khas lontong yang tidak kalah maknyus-nya dengan makanan lontong seperti dari Kabupaten Kudus, lontong tahu campur dan dari Kota Semarang, lontong tahu gimbal. Makanan llontong khas Karimunjawa itu adalah lontong krubyuk.

Sesuai dengan namanya, lontong krubyuk disajikan dengan banyak kuah. Krubyuk atau ngrubyuk dalam Bahasa Jawa berarti, beraktivitas (berjalan) di air atau melewati genangan air.

Diceritakan Srianto, warga Karimunjawa, semula yang berjualan lontong krubyuk di Karimunjawa adalah Asfiah. Saat kali pertama berjualan lontong, rumah Asfiah berada di tepi pantai. Jika air laut pasang, pembeli yang hendak membeli lontong di warung Asfiah harus ngrubyuk.

“Itu sebabnya diberi nama lontong krubyuk. Sampai sekarang Bu Asfiah sudah pindah ke lokasi yang lebih aman tetap saja lontong itu dinamakan lontong krubyuk,” ujar Srianto.

Seperti makanan lontong pada umumnya, lontong krubyuk disajikan dengan campuran tauge setengah matang. Lengkap dengan irisan daun seledri. Yang membedakan dengan makanan lontong lainnya, lontong krubyuk diberi suwiran daging ayam semur disiram dengan kuah bakso.

Camat Karimunjawa, Muh. Taksin, mengaku kali pertama mencicipi maknan yang satu ini langsung kepincut. Kuah panas ditambah pedasnya cabai membuat mandi keringat disaat menyantap lontong krubyuk di siang bolong.

“Lontong ini beda dengan lontong-lontong yang lain. Kuahnya seger, apa lagi dimakan siang-siang pertama datang di sini (Karimunjawa) dikenalkan sama staf saya dan langsung ketagihan,” ujar camat yang baru bertugas di Karimunjawa sejak Januari lalu.


“Lontong krubyuk hanya ada di Karimunjawa dan ini harus dikembangkan menjadi salah satu andalan wisata kulinernya Karimunjawa,”

1 komentar :

  1. Lontong ini beda dengan lontong-lontong yang lain. Kuahnya seger, apa lagi dimakan siang-siang ya terus minum es gitu ~~

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus