Bakso Ikan Ekor Kuning Temukan Kuliner ini di Karimunjawa


Bakso ikan ekor kuning ini saya temukan di Karimunjawa. Tepatnya di alun-alun dekat dermaga tempat nelayan menaik-turunkan wisatawan yang menyisir kompleks kepulauan Karimun. Gerobaknya berdiri diatas trotoar yang memisahkan jalan dan lapangan sepak bola di belakangnya.Tak jauh dari tempat itu ada pohon beringin besar yang kakinya dipasangi bangku  kayu tempat anak muda kongkow
Menjelang matahari tenggelam, sesaat turun dari kapal nelayan, baru sadar ternyata alun-alun itu jadi  pusat kegiatan malam di Karimunjawa. Ramai  oleh pedagang makanan kaki lima dan pelanggan mereka.

Baik lah. Yang jelas tulisan Baso Ekor Kuning Khas Karimun di gerobaknya sungguh mengundang rasa ingin tahu. Apalagi setelah seharian main di laut, rasa lapar yang mendera membuat tulisan itu berteriak lebih keras. Sudah sering makan baso ikan biasa,  tapi yang terbuat dari ikan ekor kuning,  mari kita coba seperti apa rasa kuliner karimunjawa ini saudara-saudara!


Basonya tidak terlalu kenyal seperti baso ikan umumnya. Teksturnya padat tapi lembut dikunyah. Dan yang paling menyenangkan, walau tampilannya sederhana, pada sendokan pertama baso dan kuahnya sudah mengundang  untuk nambah. Bukan semata faktor lapar namun rasa gurihnya tak keterlaluan seperti baso pinggir jalan umumnya. Itu yang membuat saya merasa aman mengkonsumsinya.

0 komentar "Bakso Ikan Ekor Kuning Temukan Kuliner ini di Karimunjawa", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar