Bakso Ekor Kuning Karimunjawa


Keindahan karimunjawa bukan hanya tentang  pesona pantainya, keramahan penduduk, keasrian alam, keindahan terumbu karang, hiu jinak, tiram mutiara, ribuan spesies ikan seperti ikan nemo yang berwarna-warni, rumput laut, tapi juga salah satu kuliner kas karimunjawa yaitu bakso ikan ekor kuning.
  
Bumbu dan kuah bakso ini sebenarnya biasa saja, seperti bumbu dan kuah bakso pada umumnya. Tapi yang menjadikannya luar biasa adalah si bakso-nya itu sendiri. Kata sang guide, bakso ini dibuat tanpa tepung (pati kanji). Murni hanya dari daging ikan saja. Namun bakso ini tetap cukup kenyal dan bertekstur lembut karena bahan baku pembuatan bakso ini adalah ikan ekor kuning. Catat baik-baik, khusus terbuat dari daging ikan ekor kuning yang memang bertekstur asli seperti itu.

Terdapat beberapa pilihan olahan bakso ikan karimunjawa ini. Ada bakso kuah, sate bakso, tahu bakso, dan olahan lainnya. Menu paling enak  menurut saya adalah sate bakso ikan ekor kuningnya. Tapi semua olahannya tetap saja membuatku merindukan pulau itu.

Namun bakso ikan ekor kuning ini hanya dapat dinikmati pada hari-hari tertentu saja saat musim tangkapan ikan ekor kuning. Sehingga tidak setiap hari gerai bakso ini dibuka. Selain itu tempat mencari bakso ini ya hanya di alun-alun karimunjawa dan hanya buka di malam hari. Sekalinya musim panen nelayan, alun-alun ini bisa sangat ramai dipenuhi orang dan antrian bakso ikan ini bisa sangat panjang. Tapi dijamin, kesabaran mengantri panjang untuk bakso ikan ekor kuning ini tidak pernah sia-sia.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca

0 komentar "Bakso Ekor Kuning Karimunjawa", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar